Bismillah.. Reborn again.

Aku memulai blog ini dengan mengucapkan Bismillah Ar-Rahman Ar-Rahiim.

Semoga apa yang tertulis, apa yang terucap di blog ini, bisa memberikan manfaat bagi diriku sendiri, syukr kalau bisa bermanfaat bagi orang lain juga, pembaca dan pengunjung yang mungkin nyasar di blog yang fakir ini.

Saya Muha, beberapa tahun terakhir, saya suka melabeli diri saya dengan nama elmuha, kadang Muha El. Alasan pemilihan nama elmuha atau Muha El sendiri adalah karena beberapa faktor. Mungkin nanti di lain waktu akan saya ceritakan ya.


Blog.elmuha.id (yakk, tadinya di situ, saya back-up semua content ke blog ini) adalah blog personal saya, yang baru, karena yang lama sudah saya stop untuk personal. Inilah kelemahan saya, ketika ada satu faktor yang bikin gak enak hati, saya biasanya sudah susah untuk merasa nyaman di situ, termasuk di blog sendiri.

Gak aneh kalau saya akhirnya sering sekali pindah blog personal setiap beberapa tahun. Fyi, saya ngeblog sejak 2008, hampir 10 tahun ya, tapi belum jadi apa-apa. Belum ada blog saya yang tembus puluhan ribu pengunjung rutin perhari. Tapi alhamdulillah, blog personal yang sebelum ini, sudah dikunjungi lebih dari 1 juta orang dihitung sejak tahun 2014 lalu, sekarang sudah hampir 3 juta.

Dan itu juga masalahnya, di awal, kadang saya gembira ketika blog sudah mulai ramai. Tapi ketika sudah ramai, justru saya menjadi tidak nyaman karena tidak bisa lagi ngomong seenaknya di blog personal. Padahal blog personal itu, ibarat apa ya, buku diary, teman paling dekat, tempat ngebuang unek-unek biar gak disimpan terus dalam hati. Kebetulan sudah lama sekali saya gak suka cerita unek-unek hati ke orang, bahkan ke ortu pun sudah amat sangat jarang banget. Terakhir curhat juga saya sudah lupa kapan.

Saya kalau sama orang, sekarang ini lebih suka ngebahas hal-hal yang enak aja. Kalau misal masalah diri kita dicurahin ke orang, menurut saya, itu hanya meringankan hati kita, tapi menyusahkan hati orang lain. Tapi kalau curahin hati ke blog, kan kalau orangnya gak mau baca, gak akan klik judulnya, kecuali kalau saya bikin judulnya seperti channel di YT, bombastis, dramatis.

Akhir-akhir ini, hati saya sering gundah gulana, banyak hal yang kadang terlalu saya pikirkan. Saya ingin menulis di web komersial, susah. Pengen nulis di blog personal, sudah tidak nyaman. Karena itulah, blog ini akhirnya lahir.

Domain elmuha.id sendiri memang saya niatkan dengan sungguh-sungguh untuk personal. Tapi meskipun personal, bukan berarti isinya semua tentang personal ya. (expired for now)

Saya suka menulis apapun yang menurut saya pantas di-share, dan mungkin dibutuhkan orang. Misalnya seperti pengalaman membeli sesuatu, memakai sesuatu, apa yang saya pikirkan, apa yang membuat hati saya senang, membuat hati saya semangat, dan banyak hal lainnya.

Di sini, saya mungkin akan jarang membahas persoalan agama, dan hal serius lainnya.

Kenapa, karena saya punya beberapa blog khusus untuk itu. Dan lagi, jika blog ini berisi konten agama, walaupun hanya sebagian kecil, saya akan susah bicara lebih bebas. Jadi, ya, blog ini adalah bebas namun tetap terjaga dari yang tidak baik, InsyaAllah.

Terakhir untuk permulaan,

Do'aku untuk blog ini, semoga bisa lebih awet dan ngebuat nyaman di hati. Semoga bisa bermanfaat selama mungkin bagi pengunjung. aamiin. Semoga bisa menjadi sedekah jariyah saya andai kata saya ternyata tidak punya umur panjang, tapi mudah-mudahan saya bisa terus hidup hingga puluhan tahun ke depan agar bisa mencari bekal lebih banyak lagi. aamiin.

0 Response to "Bismillah.. Reborn again."

Post a Comment