HP Pavilion G4-1311AU | Review, Harga, dan Spesifikasi

Agak ga abis pikir sebenernya kalo lihat list laptop terlaris di bhinneka. Secara 3 besarnya diisi oleh merk HP semua. Kenapa saya bingung, terus terang saja karena saya ga suka ama merk HP, modelnya itu-itu saja perasaan :D kecuali seri Envy yang menurut saya bohai abis.

Oke, kali ini saya pingin coba kasih preview laptop bestsellernya bhinneka ini.

Apakah HP Pavilion G4-1311AU bagus?

Apa sih kelebihan kekurangan HP Pavilion G4-1311AU?

dsb...

HP Pavilion G4-1311AU menggunakan prosesor AMD Dual-Core Processor A4-3305M yang performanya bahkan masih di bawah Intel 987, agak jauh di bawah Core i3 ULV Sandy bridge, apalagi jika dibandingin i3 Ivy Bridge. Tapi ga masalah, toh harganya pun 3 jutaan kan?

Graphics Card/ VGAnya onboard di processor, adalah AMD Radeon HD 6480G. Thanks to AMD yang performa graphicsnya bisa dibilang selalu lebih baik dibanding pesaingnya. Graphics card ini setara/ mirip-mirip dengan HD Graphics 3000 yang on board di prosesor Intel generasi Sandy bridge.

RAMnya 2 GB, dah lumayan. Kalo dirasa kurang boleh lah ditambah jadi 4 GB, cuma kok ya menurut saya sayang lah, harganya sekarang sedang mahal. 200 ribuan ke atas untuk yang 2 GB.

Hard Disk 500 GB. Standar laptop 14" sekarang.

Port/ Interface:
  • 3x USB 2.0  
  • 1x VGA  
  • 1x RJ45  
  • 1x Headphone-out (Stereo)  
  • 1x Microphone-in  
Berat: 2.2 Kg
Baterai: 6-cells
Garansi: 1 Tahun

Lainnya: Camera, WiFi, Bluetooth, DVD RW, Altec Lansing, Card Reader.

Yang ga ada dalam penjualan dan laptop:
  • HDMI
  • USB 3.0
  • OS
  • CD Driver

Harga HP Pavilion G4-1311AU


Harganya kalo di bhinneka sekarang Rp 3,199,000

So???

HP Pavilion G4-1311AU dibuat untuk nyaingin produk seri Xnya Asus kalo aku tebak, dan produk G seriesnya Lenovo. Dengan harga 3 jutaan bisa dapet laptop 14" baru.

Kelebihan HP Pavilion G4-1311AU


Simpel, murah banget, cukup lengkap fiturnya. Branded kalo kata orang.

Kekurangan dan kelemahan HP Pavilion G4-1311AU

  • Ga ada HDMI (saya seumur-umur ga pernah pake ini slot HDMI)
  • Ga ada USB 3.0 (saya juga ga punya device yang dah support USB 3.0)
  • CD Driver (Bisa download langsung ke web resmi)
  • OS (Masa sih 3 juta dah ada OSnya, hampir ga mungkin yah, jadi wajar banget)
  • Modelnya biasa ajah (Ya masa harga 3 juta mau yang kaya Envy atau ProBook?)

Download Driver HP Pavilion G4-1311AU


Dikarenakan ada yang mencari driver laptop HP Pavilion G4-1311AU, Anda bisa buka di:

http://h10025.www1.hp.com/ewfrf/wc/softwareCategory?cc=us&lc=en&dlc=en&product=5389978
- Atau di sini dan ketikkan nama dan tipe produk : http://www8.hp.com/us/en/drivers.html

Demikian ulasan singkat saya tentang HP Pavilion G4-1311AU. Harap cek ulang ya spesifikasi dan harganya sebelum membeli. Barangkali ada kesalahan atau perubahan spek.

Laptop ini cocok untuk siapa aja saya pikir, kecuali enginer, designer, dan orang-orang yang melakukan komputasi kelas berat. Kalo untuk yang seperti saya, pake laptop untuk ngetik, lagu, film, dah cukup banget.

Kata-kata saya yang ga enak jangan diambil hati, posting ini buat test perdana, test performa di google search. Kalo kamu bisa baca ini, Alhamdulillah berarti performa blog butut ini dah lumayan.

Data: Bhinneka, notebookcheck, HP. Demikian ulasan saya tentang HP Pavilion G4-1311AU.


Tambahan dari penjual laptop ini:

aang anggara - 22 Oktober 2013 - 22.20

sekedar masukan aja, sy sudah menjual produk ini lebih dr 50 Unit, saran sy Instal Win 7 32Bit or 64 bit, Win 8 64Bit only trus wajib ya gan instal Driver nya smuanya khusus Win 7, d HP support nya pasti bisa deh, kecuali Win 8 cukup install driver VGA nya aja karena smuanya sudah d install dr Wifi, Soundnya, Camera, Lan Rj45 nya, Tks smoga bermanfaat :D

48 Responses to "HP Pavilion G4-1311AU | Review, Harga, dan Spesifikasi"

  1. thanks gan,. informasi yg bener2 bermanfaat,. btw ada gk driver OS buat win XP,. soalnya ane liat gk ada di situs resmi nya,. trus gimana ya kalau kita pake win Xp,. atau memang disain ini gk bisa memakai windows Xp ya gan,. thanks

    ReplyDelete
  2. thanks gan,. informasi yg bener2 bermanfaat,. btw ada gk driver OS buat win XP,. soalnya ane liat gk ada di situs resmi nya,. trus gimana ya kalau kita pake win Xp,. atau memang disain ini gk bisa memakai windows Xp ya gan,. thanks

    ReplyDelete
  3. iy bro, mksh infony y, tp saat ni aq lg bngung sm produk ni krn produk ni gmw detek kbel ethernet speedy (RJ45) yg aq clokin, pkokny dianggap ga ada aja, n indikator d modem jg mati spti ga ada z, knp y bro? apa jgn2 produk ni yg aq bli ni cacat clokan ethernetnya.. :(
    tlog info n pncrahnny y kwan, trims sblumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin lum instal driver LAN,

      lum pernah nyoba internet pke lan sih, tapi sy back up data ke desktop pc via LAN ga ada masalah.

      Delete
  4. oya, aq jg pke win 7 bro, udh cba pke xp tp suaranya gmw klwr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamal emang bisa pakek windows xp pavilion g4 1311au
      kontak ym aku jeprimco@yahoo.com sekedar sharing

      Delete
    2. aku juga pakek win 7 gak bisa rj45

      Delete
    3. iy bro, q udh cba pke win xp sp3 g ada mslh kcuali 1 yaitu sound gmw klwr dr lepy tp klo pke speaker extrnl bs ada soundnya..
      rj45 emg gmw detek jg d win 7 nh gtw knp, pdhl aq udh instl driver dr AMD, HP, n REALTEK ttep z gbs jg..

      Delete
    4. :D
      klo xp emg gtu, sound driver bawaan windowsnya bnyk yg g support.

      solusinya, instal driver dari vendornya (IDT HD audio) yg wat xp.

      Delete
    5. kamal driver untuk xp ada gak pavilioan g4 1311au mau coba install xp

      Delete
  5. sekedar masukan aja, sy sudah menjual produk ini lebih dr 50 Unit, saran sy Instal Win 7 32Bit or 64 bit, Win 8 64Bit only trus wajib ya gan instal Driver nya smuanya khusus Win 7, d HP support nya pasti bisa deh, kecuali Win 8 cukup install driver VGA nya aja karena smuanya sudah d install dr Wifi, Soundnya, Camera, Lan Rj45 nya, Tks smoga bermanfaat :D

    ReplyDelete
  6. LEPI SEKARANG SDH G SUPPORT XP GAN.... klo mw susah dikit mungkin bs pk xp

    ReplyDelete
  7. waktu gw instal windows 8 driver webcamx juga ikutan ilang. gmn caranya....tlng dibantu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. install lagi saja driver camnya.

      Delete
    2. windows 8 itu bagus yah?? hampir mirip kan sama windows 7, kalo boleh tau windows XP itu eksplorer bukan? emang bagus juga ? lebih tinggi dari W 7/8 gitu??

      Delete
  8. aku mah kagak ngerti temen" . aku punya laptop HP paviliun g4 1311AU udah 3 minggu. aku sih cuma pake ngetik n nonton film, belum coba buat koneksi internet. menurut kalian yang pengalaman laptop ini bagus gak buat koneksi internetnya?? terus saya ngerasa batre nya cepet berkurang apa emang AMD itu lemah di batre?? tolong jawab yah.. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Erlin, saya coba bantu dikit ya :)

      Windows 8 itu penerus Windows 7, tampilannya mirip bahkan sangat mirip, sekilas hanya berbeda di tampilan menu saja. Yang jelas, Windows 8 lebih cepat dibanding Win 7 dan menurut saya, lebih baik.

      Windows XP itu versi Windows sebelum Windows 8, 7, dan Vista. Dibuat sekitar tahun 2000an. Fiturnya terbatas dibanding Windows sekarang, tapi simpel, saya sendiri masih menggunakan XP di netbook saya dan Win 8 di Notebook.

      Koneksi internet lebih ditentukan oleh ISP yang digunakan, provider apa yang dipakai, contoh provider; Telkomsel, Indosat, XL, dll, paket yang digunakan, lokasi penggunaan, waktu, dan faktor lainnya, termasuk kualitas modem dan alat penghubung ke internet.

      Untuk soal cepat atau gaknya di laptop, biasanya dipengaruhi oleh OS yang digunakan, Windows 8 sudah saya uji dan hasilnya lebih cepat dibanding XP dengan koneksi internet yang sama. Selain itu juga dipengaruhi oleh browser yang digunakan, terbaik saat ini ada Google Chrome Browser dan Mozila Firefox.

      Kalo buat nonton film pasti cepet abis baterenya karena penggunaan resource yang lumayan. Bukan berarti AMD lemah di baterai, yang mungkin adalah AMD mengambil daya besar di baterai karena penggunaan yang juga berat.

      Semoga bermanfaat, kalau ada yang kurang dipahami, coba dibaca lagi pelan-pelan. Kalo ada yang salah, saya mohon maaf :)

      Delete
    2. alhamdulillah kini aku mengrti sdikit2.makasih kawan atas infonya...aku pguna pemula.barubeli laptop hppvilion g4-1311AU tp dilayarnya lcdnya ada titik kecil.

      Delete
    3. ky'a emg kapasitas btre'a relatif kecil wat laptop 14 inch (meski 6 cell).

      solusi :
      matikan wifi/bt (tekan f12, lampu orange = mati).
      turunkan brightness (tekan f2)

      klo nonton film pke btre, mending turunin clock cpu di 800 MHz aj (pke amd catalyst, masuk ke power>cpu power)

      klo saya,
      pas pke btre, cpu undervolt di 700 MHz, voltage 0,7 Volt.
      bisa 2x muter film durasi 1,5 jam/film tanpa charge ulang.
      idle bisa 6 jam lebih.

      nah, pas colok ke listrik, cpu bisa overclock di 3 GHz, voltage 1,375 Volt.
      cpu score di wei yg tadinya 5,5 naik jadi 6,5.
      main emulator ps2 (naruto) 15 fps, naik jadi 60 fps.
      tapi, laptop jd cpet panas.

      Delete
  9. tolong yah siapapun bales komen saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya coba bantu jawab ya, yang lain silahkan jika ada yang mau mengkoreksi atau menambahkan.

      Delete
  10. Speakerx internalx kencang ngga suarax mas.. Soalx sya pernah megang lenovo yg g400 suarax ky hp cina cetar membahana :D

    ReplyDelete
  11. mau tanya neh bos............. mangnya mesti di instal smua driverny................. tanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. driver punya pavilion g4 1311au......................

      Delete
    2. tergantung windows yang dipake windows apa. di Win 7 atau 8 biasanya yang diinstall hanya beberapa saja. Yang dibutuhkan saja yang diinstall, misal kamera, bluetooth, dll. selebihnya sudah windows itu yang handle drivernya.

      Delete
  12. ni laptop emg lumayan bgs, harga murah.

    waktu mw beli ni laptop, d'tawarin lenovo (lupa model'a, cpu celeron 1000m) tapi kesan'a murahan.
    akhirnya ambil g4 ini (meski minus usb 3.0).

    kelebihan :
    model bagus, keyboard + touch pad nyaman (pernah pke acer ao 756, touch pad'a parah), processor enak wat undervolt & overclock (AMD gtu loh), klo pemakaian normal (tanpa overclock) suhu lumayan dingin, trus sound'a lumayan.

    kekurangan :
    kapasitas btre kurang, kualitas layar masih di bawah asus (tapi viewing angle'a lumayan), trus yg paling sayang - cpu'a cuman support nyampe sse3 (coba klo support avx) dan cuman dual core (klo quad core, ky'a pc desktop sy kalah).

    tips :

    tambah ram (notebook ini punya dua slo t ram), karena bandwidth ram sangat berpengaruh terhadap gpu.

    update driver grafik'nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan , cara overclock sama nambahin ram gmana?

      Delete
  13. oh ya mau tanya, kan aku habis install ulang window 7..
    terus sekarang tombol f1-f12 sebagian tidak berfungsi dan tombol untuk mengunci trackpad tidak bisa fungsi juga, padahal sebelumnya berfungsi...
    mohon sarannya :)
    terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba install driver hotkeys..

      Delete
    2. saya udah cari" driver hotkeys untuk laptop ini, tapi tidak ketemu"..
      bisa beri tau link untuk download, mungkin agan lebih tau.. :)

      Delete
    3. Sepertinya memang tidak disediakan oleh HPnya, coba update windows aja gan. Biasanya bakal dicariin driver yang blum ada.

      Delete
    4. penggunaan tombol f1 - f12, biasanya dibarengi dengan tombol fn (kecuali udah setting di BIOS).

      wat display fungsi tombol f1 - f12, instal hp on screen display (sp 55152)

      wat touchpad, instal synaptic driver (sp 59155).

      Delete
  14. Bos mau tanya ini knp webcamnya di laptop hp pavilion g4 kadang bisa kadang ga kira2 knp ya???? Tolong di bantu

    ReplyDelete
  15. Bos mau tanya ini knp webcamnya di laptop hp pavilion g4 kadang bisa kadang ga kira2 knp ya???? Tolong di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keterangan errornya gimana?

      Coba reinstall drivernya atau gunakan software pihak ketiga.

      Delete
  16. Bos saya mau install windows 8 ogh gag bisa ya,,, di laptop ane ?? mohon solusinya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisanya gimana, errornya apa, dsb. kalau mentok bisa bawa ke tempat jualan laptop minta instalin saja gan.

      Delete
  17. ada slotnya buat HDMI bro

    ReplyDelete
  18. tak gawe dual boot win 7 32 + win 8 64 mantraaap sukantraaaap broo sedoyooo

    ReplyDelete
  19. bos ane mo tanya neh " batre ;epy ane kok cepet abis dan klo dicas udah full pas dinyalain kosong tadinya normal aza ama klo gunain firefox harus gerakin mouse baru dia mo jalan" trimakasih ditunggu infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipake yang berat2 nda gan?
      Kalo dicharge full terus kosong dan benar-benar habis, saya pikir bermasalah produknya. Coba tanyakan ke tempat belinya gan.

      untuk masalah mozilla ane maap ane kurang paham.

      Delete
  20. Gan gmn cara koneksi wifinya,,, kok coneksi gagal terus padahal driver wifi sudah ada,, cuma driver bloetoothnya tanda seru,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dah bisa ngedeteksi ada jaringan WiFi, setau saya dah 90% bisa pakai WiFi, kalau ga bisa konek, kemungkinan memang jaringannya yang problem. Coba bikin jaringan WiFi sendiri dulu buat ngetes apa bisa konek apa nda, nda usah pake password2an dulu. Bisa pake router, kalo ga punya pake HP yang biasa tethering, kebanyakan hp android bisa.

      semoga berhasil..

      Delete
  21. bos ko saya nambah memory RAM 2gb jdi 4gb ko yg keditek di PES sama tuneup utilities 1,5 gb...?memory yg dibeli wktu ditoko vgan 2gb,knp yah?ada yg tau ga knp bsa kebaca dihardware 1,5gb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake software lain gimana? coba cek system properties, atau ccleaner, dsb.. kalo tetep ga kedetek, mungkin masangnya belum bener.

      Delete
  22. mau beli sekarag masih keluar g ya produk ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan masih banyak yg jual. atau bisa pertimbangkan saudaranya, HP Notebook 14-d010AU

      Delete
  23. Menurut agan ni bagus buat game gk ???

    ReplyDelete